25/09/10

MASJID AGUNG JAWA TENGAH


Masjid Agung Jawa Tengah bangunannya meneladani prinsip gugus model kluster dari Masjid Nabawi di Madinah. .Bentuk penampilan arsitekturnya merupakan gubahan baru yang mengambil model dari tradisi para wali dengan membubuhkan corak universal arsitektur Islam pada pada bangunan pusatnya dengan menonjolkan kubah utama yang dilengkapi dengan minaret runcing menjulang di keempat sisinya. 

Masjid beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Keluarahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha dan mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang.

Disamping bangunan Masjid disini juga dilngkapi fasilitas-fasilitas yang lain seperti : ruang kantor, ruang kursus dan pelatihan, ruang perpustakaan, ruang akad nikah dan auditorium. Dalam uapaya penggalian dana , dalam kompleks juga dibangun galeri pertokoan, ruang kantor yang disewakan, hotel dan toko cinderamata.

Masjid ini banyak sekali didatangi oleh para pengunjung baik pengunjung dari warga Semarang dan sekitarnya maupun dari luar kota dan luar Propinsi. Setiap hari Minggu, disekitar Masjid Agung ini ramai banget lho…pokoke meh podho karo Simpang 5. Banyak yang refreshing dan jalan2 di Masjid Agung. Permainan anak2 dari Odong2 sampe kereta mobil yang mengelilingi lokasi Masjid juga ada. Dan….psst ini rahasia…walaupun udah 3 tahun di Semarang dan sering main di Masjid Agung ini…saya belum pernah naik ke Menara Masjid-nya…hikz..hikz..huaaaaaa.
Oh ya, Lain waktu akan saya lampirkan gambar suasana di Hari Minggu ya...tentu saja nanti ada foto anak saya yang mejeng di situ. hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi Blog saya. Mohon kritik dan sarannya yang membangun. Semoga Sukses selalu